Ngedune bareng IMMANG [Ikatan Man3 Mancing dan Ngedune]

14/04/2012 11:36

by Gungun Wiguna

 "Ngedune" ... Istilah ini begitu populer di qatar, siapa yang gak tahu artinya, hampir semuanya familiar. Tapi tidak semua orang menyukainya, walaupun tidak sedikit yang awalnya coba-coba dan jadi ketagihan.


Persis 4.30 sore, dengan cuaca yang cerah dan matahari masih terasa hangatnya, telah berjejer cherokee biru dan hitam, pathfinder,pajero, mohave dan banteng durango dipelataran berpasir sebrangnya resort sealine, para mantri sibuk ngempesin ban yang sesekali diselingi dengan berpose didepan para jurnalis yang tak henti-hentinya mengambil gambar.

Semua ban telah dikempesin ke ukuran 12- 15 psi sesuai dengan instruksi dari ketua immang dan penasehat yang telah beberapa kali ngedune. Briefing pun disampaikan oleh ketua tentang safety dan segalanya. Semua mobil siap berangkat.

Tiba-tiba kringggggg... Telepon berdering diikutin beberapa pesan di bbm group bahwa minta nunggu beberapa saat, entah apa yang terjadi, yang jelas dari info yang ada bahwa cadillac escalade is on the way to the spot. Akhirnya Immanger menunggu sampai akhirnya tiba sang cadillac. Begitu bannya dikempesin, semua personil ready in posisition dan bergeraklah di pimpin sang black cherokee, petualangan pun dimulai.

Cuaca begitu hangat, cerah, matahari seperti menatap iring-iringan mobil yang sedang menjelajah gurun pasir, terlihat beberapa landcruiser dengan kecepatan tinggi menyalip mobil Immanger yang berjalan santai. Semakin kedalam semakin menarik medan yang ditemui, lapisan pasir begitu tebal dan ketika dilewati serasa kita bergoyang-goyang dan menari-nari, asyik sekaligus was-was, sesekali terjadi salip menyalip antara mohave dan cherokee, begitupun durango dan pajero tak ketinggalan. Prado dan cadillac bersaing ketat dengan pathfinder menambah suasana semakin menarik. Bukit demi bukit berhasil dilewati dengan sedikit perjuangan minimal, dan akhirnya sampailah ditempat yang dituju yaitu entah apa namanya :-)..orang-orang menyebut rock island atau inland sea, tdk tahu pasti yang jelas di ponsel terima pesan: "welcome to ETISALAT..."

Setelah berbenah mencari tempat yang cocok, akhirnya semua turun dan menggelar tikar untuk persiapan sholat magrib. Tapi sebelum itu ada kejadian yang cukup unik dimana salah satu camat alkhor menggelantung di sisi kanan pajero yang lagi berjalan, semua orang menatap laju pajero,ooooohhh ternyata bu camat ingin juga merasakan dasyatnya mengendarai 4x4 di pasir sungguhan :-)..

Selang berapa lama setelah semua makan dan sholat, cuaca gelap, angin bertiup kencang, sesekali terdengar suara halilintar dari kejauhan duarrrrrrrr.... kita pun memutuskan untuk saatnya pulang. Kembali beriringan pulang tapi setelah sepuluh menit berjalan melewati beberapa bukit kecil, semua berhenti dan baru menyadari bahwa pathfinder hitam tertinggal dan tidak tahu dimana keberadaanya karena signal ponsel memang tidak ada. 
Sang leader cherokee kembali mencari ditemani pajero untuk menemukan yang hilang sementara yang lain menunggu was was. Beberapa qatari dgn landcruisernya menghampiri kita dan menanyakan jika perlu bantuannya, kami menyampaikan bahwa sedang menunggu teman yang hilang.
Setelah menunggu sekitar 20 menit dari jauh keliatan kelap kelip lampu diatas cherokee yang sengaja dipasang untuk memudahkan mengikutinya, dan semua lega yang 'hilang' telah ditemukan dan segera kita melanjutkan perjalanan.

Hujan deras mulai turun, dan jalanan pun jadi basah yang membuat medan semakin menarik untuk dijelajahi, mobil semakin menari dan bergoyang diatas pasir yang basah, dan tiba-tiba didepan ada bukit cukup tinggi yang harus dilewati. 2 Cherokee bablas mulus...pajero tiba-tiba stuck, durango mencoba peruntungannya tapi sama juga tidak bisa tembus, giliran mohave yang kelihatan cuma ban belakang yang berputar dikubangan pasir, akhirnya dicoba mundur jauh utk mencoba cara lain. Tiba-tiba prado dan pathdfinder yang menunggu kesempatan dari tadi, langsung "nyebruutt" menaiki bukit dan terbukti mrk berhasil, giliran durango dan mohave mencoba hal yang sama dan juga berhasil. Entah apa yang terjadi dengan pajero karena setelah ditunggu tak kunjung datang...