Mengenal dan Menggali Hobby "Jepret" Part-1

27/01/2012 19:32

by Daben Suhendi

 

Shot-1 Pendahuluan

 

Istilah jepret hanyalah sebuah kosa kata pribadi yang berhubungan dengan potret atau photo atau istilah kerennya disebut fotografi. Bagi sebagian kita sebagai komunitas Profesi Keperawatan telah banyak yang mengenal fotografi atau bahkan telah profesional dalam hal ini. Hobby ini bisa dijadikan seninya Profesi kita, apalagi Profesi Perawat juga mengandung unsur seni kan?

Berdasaran pengamatan (maaf belum dapat referensi), setiap insan telah memiliki naluri atau bakat yang terpendam pada dirinya masing-masing. Naluri inilah bakal cikalnya hobby yang dapat berkembang menjadi suatu aset yang sangat berharga dalam hal ini fotografi. Bagi sebagian orang, cara menyalurkan hobby sangatlah luar biasa, plan langsung action dan terus digeluti sampai ampas-ampasnya atau sampai pada pencapaian aktualisasi diri diluar profesinya. Tapi sebagian lainnya termasuk saya, hoby hanyalah iseng untuk mengenal saja (pengen tahu), atau spent time dan relationship belaka. Lebih dari itu sifatnya hanya seperti obor baralak atau musiman.

Melalui situs jejaring ini, saya ingin belajar dan mendapatkan pelajaran langsung dari rekan semuanya tentang fotografi ketimbang saya buka website tertentu atau buku yang belum dikenali akarnya. Terus terang saya sangat awam dengan camera dan pemalas untuk mempelajarinya. Karenanya ada beberapa target atau objektif yang ingin dicapai melalui beberapa episode tulisan kedepannya, diantaranya:

- menambah pengetahuan tentang fotografi

- kemampuan melakukan fotografi

- menjadi member fotografi dan berpartisipasi didalamnya

- menambah persahabatan dan kekeluargaan

- melihat peluang dan mandiri

Diharapkan rekan-rekan untuk dapat meluangkan waktunya melalui sharing pengetahuan, wawasan, skills dan hasil jepretannya. Alhamdulillah selama ini para suhu fotographer seperti Bos Sen Soe, Wak Nawawi, Cak Heris, Mang Sobur, Kang Rendy dan Kuya Rodelio RG (salamat po) telah dengan senang hati berbagi disini. Waktu saja yang masih belum pas ketika mereka mengundang saya untuk hunting jepret-jepretan.

Jazakumullah kheir.