Peresmian Cuban Hospital oleh Emir Qatar

30/01/2012 05:15

 

 

cuban hospital | foto by qatarisbooming.com

Selasa, 10 Januari 2012 menjadi hari bersejarah bagi Qatar, khususnya kota Dukhan. Hari ini Emir Qatar, Shaikh hamad bin Khalifa Al Thani dan Menteri Kesehatan Cuba, Dr Roberto Morales Ojeda secara formal meresmikan pembukaan rumah sakit baru yang dinamai Cuban Hospital. Peresmian kali menandai dibukanya layanan penuh rumah sakit Cuban atau Cuban Hospital. Rumah sakit ini sudah memberikan pelayanan rawat jalannya sejak soft opening pada 28 April 2011.

          Hadir dalam peresmian itu diantaranya Menteri Public Health Qatar yang juga Sekretaris Jenderal Supreme Council of Health of Qatar, Abdullah bin Khalid Al Qahtani, beberapa sheikh, perwakilan dari negeri Cuba dan para tenaga kesehatan professional yang bekerja di rumah sakit ini. Rumah sakit Cuban dioperasikan oleh tenaga-tenaga kesehatan professional yang berjumlah lebih dari 200 orang termasuk dokter umum, perawat, dan spesialis di bidangrehabilitation, dentistry, pathology, biomedicine and radiologyyang banyak diantara mereka berasal dari Cuba.

Emir Qatar and Ministry of Health Cuba opening Memorial Plaque | foto by thepeninsulaqatar.com

Sebelumnya nama rumah sakit ini adalah Dukhan Hospital. Tapi semenjak November 2011, nama rumah sakit ini diubah menjadi Cuban Hospital. Nama ini dipilih sebagai wujud penghargaan atas kerjasama yang baik antara Qatar dengan Cuba dan pelayanan spesialis yang secara garis besar diberikan oleh tenaga-tenaga professional dari Cuba.

Cuban Hospital berada dibawah payung pelayanan Hamad Medical Corporation. Rumah sakit ini akan melayani warga masyarakat Qatar baik lokal maupun expatriates, baik penduduk lokal atau para pekerja yang tinggal di wilayah barat negeri Qatar yang meliputi Dukhan, Umm Bab, Al Jemailiyyah, Shahaniyyah. Cuban Hospital mempunyai kapasitas 75 tempat tidur, layanan emergency 24 jam dan berbagai pelayanan rawat jalan yang sudah dibuka sejak akhir April 2011, diantaranya paediatric, endocrinology, internal medicine, urology, cardiology, general surgery, ENT, ophthalmology, gynaecology, and rehabilitation medicine Untuk mendukung pelayanan paripurna, rumah sakit ini juga dilengkapi dengan layanan-layanan pendukung diantaranya pharmacy, radiology, laboratory,physiotherapy, CT and MRI facilities, Operating theatre.

Dukhan, 11 Januari 2012

Sugeng Bralink

riyadi.sugeng@gmail.com

sumber: Gulf Times, Peninsula Qatar, Qatar Tribune dan Qataris Booming

 

 

source: Jelajah Qatar